Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Legenda Asal Muasal Putri Duyung dan Lumba-lumba (Versi Makassar)

Pada Zaman dahulu kalah di tepi pantai Tope Jawa, tinggal sebuah keluarga miskin yang hidup serba kekurangan, mereka adalah Tutu dan Bauq serta Putrinya yang bernama Rannu. Ketika itu Taba pergi mencari ikan di laut dengan menggunakan jala, untuk dimakannya bersama anak dan istrinya, setelah lama mencari ikan akhirnya Taba pun, mendapat satu ekor ikan pari kecil, sungguh naas nasib Taba karena setelah lama mencari ikan namun, dia hanya mendapatkan satu ekor ikan pari kecil.

Taba pun pulang kerumanya dengan membawa ikan pari kecil itu, setiba di rumah Taba pun memberikan
ikan itu kepada istrinya untuk dimasak, karena tidak ada beras akhirnya taba pun memutuskan untuk mencari ubi kayu di kebun, karena tidak tahan lagi menahan rasa lapar akhirnya istri dan anaknya memutuskan untuk memakan ikan pari yang suda di masaknya itu, hingga tidak tersisakan.

Setelah istri dan anaknya menghabiskan ikan pari itu akhirnya, Taba pun datang dengan membawa ubi kayu dan menyuruh istrinya untuk memasak ubi kayu itu, setelah ubi itu masak istri taba pun memanggil taba untuk makan, Taba pun kemeja makan dengan niat untuk makan dan memanggil putrinya untuk makan setelah mereka berkumpul di meja makan Taba pun menanyakan ikan yang dibawanya itu, istri nya pun terdiam karena ikan yang di tanyakan itu suda habis.

Taba pun bertanya kembali; mana ikan yang Aku bawa tadi itu? Istrinya pun memberitahu Suaminya bahwasanya iakan yang di suruh masak itu telah habis di makan.

Mendengar penjelasan istrinya itu, akhirnya Taba pun marah dan pergi keluar rumanya, karena merasa bersalah akhirnya, istri Taba pun memutuskan untuk pergi mencari ikan di laut karena tidak mendapat kan ikan akhirnya dia pun menyelam kedalam laut dan akhirnya menjadi seekor ikan yang di beri nama Duyun. Karena dua hari tidak melihat istrinya akhirnya taba pun memutuskan untuk pergi mencari istrinya kedalam laut dan akhirnya merubah menjadi seekor yang di beri nama Lumba-lumba.

Setelah beberapa hari tidak melihat Ayah dan Ibunya, Rannu pun memutuskan untuk pergi mencari Ayah dan Ibunya, ketika mencari Ayah dan Ibunya di tepi pantai akhirnya, Rannu pun melihat seekor ikan Ruyung di ambil dari kata dalam bahasa Makassar Ruyung yang berarti menyanyi karena Ikan yang datang ketika itu mengeluarkan suara yang datang dari sebelah barat laut yang datang menghampirinya sambil mencucurkan air mata ikan itu pun, berkata Aku ini Ibu mu nak dan pergi ke menuju laut.

Setelah Ibunya pergi, Rannu pun melihat seekor ikan duyung yang di ambil dari kata dalam bahasa Makassar aqduyung-duyung yang berarti datang, dari sebeah timur yang datang menghampirinya sambil berkata Aku ini Ayah mu, dan pergi menuju laut bebas. Dan akhirnya Rannu pun, menangis sambil berkata; disebelah barat

Aku melihat Ibu ku yang telah menjadi seekor ikan yang mengatakan dia Ibu ku dan pergi, begitu pun di sebelah timur, Aku melihat seekor ikan besar yag mengatakan dirinya Ayah ku dan juga pergi meninggalkan ku.

Post a Comment for "Legenda Asal Muasal Putri Duyung dan Lumba-lumba (Versi Makassar)"