Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dongeng Anak Indonesia | Iis Anak Yang Pandai dan Rajin Bekerja

Ini adalah dongeng anak indonesia yang bercerita tentang seorang anak yang terlahir dari keluarga miskin di tengah kota. Namun sang anak tidak mau menyerah begitu saja terhadap keadaan yang menimpa orang tuanya. Mereka hidup dengan sederhana bahkan boleh dibilang pas-pasan. Apa yang mereka dapatkan habis dimakan hari itu juga dan mereka harus bekerja keras untuk esok harinya.

Adalah iis seorang anak yang sangat pandai dan rajin serta suka bekerja. Sehari-harinya selepas ia pulang sekolah, ia langsung pulang kerumah dan mengganti baju lalu langsung ia menuju tetangga yang menjual es teh manis. Ia membantu menjual es teh manis tadi keliling kampung bersama teman-temannya. Tidak itu saja iis juga membantu menunggui toko kelontong milik saudaranya.

Ketika ia melayani pelanggan href="http://kumpulan-cerita-dongeng.blogspot.com/2012/06/dongeng-anak-indonesia-cerita-kakek-tua.html">toko itu, ia sangat senang sekali dan bermimpi punya toko kelontong sendiri yang ia kelola. Dari situlah ia mulai belajar berniaga dari saudaranya tersebut. Ia belajar bagaimana mengelola aliran uang yang ada di toko tersebut.

Tidak cuma senang berjualan, ternyata iis juga senang dengan musik, tak jarang ia sering dengan teman-teman sebayanya berkeliling kampung untuk mengamen, jiwa seni-nya berasal dari sang Bapak yang dulunya adalah penambuh gendang di kampung. Sekali lagi iis bermimpi ketika ia dewasa ingin bisa memiliki alat musik sendiri dan bermain menghibur orang banyak.

Tidak hanya berjualan es teh manis keliling kampung, terkadang ia harus berjualan di dalam kereta jurusan Bogor, dan pada sorenya ia pulang ke kota. Tidak saja berjualan es teh manis, ia juga pada hari libur menjajakan koran dari pagi buta. Buatnya apa yang ia kerjakan tidak cuma bisa menambah uang jajan dan ongkos sekolah, akan tetapi ia sungguh bercita-cita untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses pada suatu saat nanti.

Ibunya tidak mengetahui kalau iis sering berjualan es teh manis keliling kampung bahkan harus naik kereta untuk menjual es teh manis dan koran paginya. Iis juga rajin membantu ibunya untuk mengantarkan jahitan ibunya ke pasar PSPT untuk di obras. Ia pun berniat untuk membelikan mesin obras kepada ibunya kelak nanti jika ia dewasa.

Baginya apa yang ia lakukan untuk mendapatkan uang bukan semata-mata untuk kesenangan akan tetapi untuk bisa membantu orangtuanya yang hidup serba kekurangan, namun itu tidak menyurutkan niatnya untuk bisa menjadi seorang yang sukses kelak ia besar nanti.

Sahabat yang sangat dekat dengan iis adalah Oyong. Oyong juga berasal dari keluarga yang sederhana, semangat mereka sama yaitu ingin membantu kehidupan keluarga mereka. Mereka menjual es teh manis di kereta bersama, menjual koran bersama, Mereka sangat akrab sekali sehingga seperti keluarga.

Sehingga ketika mereka dewasa, mereka berpisah dan tidak pernah bertemu kembali. Kini iis bisa membelikan ibunya mesin obras yang pernah diimpikannya kelak nanti ketika ia sudah bisa bekerja.

Hikmah dari Dongeng anak indonesia diatas adalah kita harus punya impian besar yang bisa kita buktikan pada suatu saat. Dengan berani bermimpi kita akan bisa menaklukan hidup ini. Dan dengan cita-cita yang tinggi kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dengan kerja keras tentunya.

Post a Comment for "Dongeng Anak Indonesia | Iis Anak Yang Pandai dan Rajin Bekerja"